Error !!!

Posted: July 28, 2008 in Programming
Tags:

Ada beberapa hal yang menarik selama mendalami bahasa pemrograman.
Sudah rahasia umum kalau dalam memprogram kita wajib TRIAL & ERROR.
Dalam hal ini saya mencoba mengungkit kesalahan masa lalu saya, ketika
baru belajar bahasa pemrograman, tentu saja agar tidak diulangi, oleh
saya sendiri khususnya, dan rekan-rekan pemula pada umumnya. Di bawah
ini adalah kesalahan-kesalahan saya, dan kesalahan-kesalahan yang
pernah saya lihat (kadang-kadang kesalahan sepele juga bisa dilakukan
oleh programmer yang telah handal) :


Tidak bisa membedakan function (method) dan variable (attribute)
Para
pemula sering tidak bisa membedakan function dan variable. Hal ini
mungkin disebabkan kurangnya pemahaman tentang function dan attribute
itu sendiri.

Penamaan method, attribute atau class
Apalah
arti sebuah nama? Hmmm… tampaknya hal tersebut tidak berlaku di bahasa
pemrograman. Penamaan merupakan hal yang sangat penting. Dari
pengalaman saya, banyak programmer pemula membuat nama class, method
atau attribute dengan nama mereka sendiri, atau nama teman. Untuk
program dengan sepuluh atau dua puluh baris, hal tersebut masih bisa
diatasi. Kalau programnya sudah ribuan baris? Menurut saya, penamaan
harus sesuai dengan tujuan dari dibuatnya class, method atau attribute
tersebut. Misalnya, untuk menyimpan nama depan, dibuatlah attribute
dengan nama “namaAwal”.

Tidak mengerti tipe data
Untuk
pemula, tipe data memang bisa menjadi hal yang membingungkan.
Dibutuhkan waktu luang untuk memahami tipe data agar dasar memprogram
kuat.

Syntax error
Kesalahan
ini masih bisa dimaklumi, karena memang tidak mungkin seluruh syntax di
sebuah bahasa pemrograman kita kuasai. Tetapi, kalau syntax-syntax
dasar sebaiknya dikuasai.

Logic error
Waks. Yang ini tidak bisa dimaklumi. Latihan memang cara yang ampuh untuk menguasai logika. Meluangkan waktu untuk belajar algoritma bisa membantu mengembangkan logika berpikir.

Lupa membuat variabel
Kadang-kadang,
saking bersemangatnya memprogram, saya lupa mendeklarasikan variabel
yang saya gunakan. Bagi yang mempunyai problem yang sama, sebaiknya
lebih teliti aja deh…

Lupa inisialisasi variabel atau object
Lupa
inisialisasi variabel atau object juga sering terjadi. Kalau di C++,
bila lupa menginisialisasi variabel, ketika variabel tersebut
ditampilkan ke layar, akan muncul karakter-karakter aneh. Di dalam
bahasa Java, bila sebuah object belum diinisialisasi, tetapi sudah
digunakan, maka akan muncul error NullPointerException. ·

Lupa jumlah/tipe data argumen pada method
Lebih
mirip syntax error. Tetapi, mungkin terjadi karena kebiasaan. Misalnya,
di C++ main method tidak berisi argumen, di Java, main method berisi
satu argumen.

Lupa/salah preprocessor directive
Hal
ini juga sering terjadi. Di dalam C++, preprocessor directive seperti
#include sering terlupa, atau salah buat, seperti #include.

Case-sensitive
Programmer
pemula sering tidak memperhatikan penulisan method atau attribute.
Sekedar mengingatkan, di dalam bahasa pemrograman yang bersifat
case-sensitive (Misalnya: C++, C#, Java), Java berbeda dengan java maupun jAvA.

Titik koma (Wink
Titik koma diakhir bahasa pemrograman (C++, C#, Java) sering terlupa.

Kurung kurawal penutup } (C++, C#, Java)
Kadang-kadang
kebiasaan lupa menutup pintu ikut terbawa ketika memprogram. Kurung
kurawal yang sudah terbuka di awal class atau di awal method lupa
ditutup ketika method atau class selesai dibuat.

Salah kurung mis {} jadi () ketika mendefinisikan method atau class
Untuk
kesalahan yang seperti ini, bila sudah terjadi akan sangat sulit
mencarinya. Karena bentuk kurung kurawal dengan kurung biasa bila
terlihat di layar monitor hampir sama. Saran saya, lebih teliti untuk
hal-hal kecil seperti ini.

Kurang rapi (yang ini bukan error, tetapi bisa bikin error!!!)
Kebanyakan
programmer pemula tidak peduli dengan kerapian di saat memprogram.
Letak kode-kode yang berantakan memang bukan error, tetapi bisa
mengakibatkan error. Hal ini juga membuat sulit men-trace logic error.

(http://blackmindstorm.blogspot.com/2007/05/kesalahan-programmer-yang-sering.html)

Comments
  1. tri rhamad R. says:

    mohon di jelaskan lebih mendasar lagi agar mudah di pahamitr
    trimakasih

  2. azer89 says:

    gag jelasnya dimana????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s