Linux, baik dan buruknya

Posted: July 28, 2008 in Open Source, Open Source Reference
Tags:

Kalau tidak salah sebulan lalu saya baru install Ubuntu 8.04 di laptop saya, ya, ku setting dual boot dengan Vista yang sebelumnya sudah ada. Pertama kali habis install, lumayan oke, semua komponennya dah deteksi drivernya dengan baik, gak seperti versi sebelumnya, 7.10 , ada beberapa komponen hardware yang gak terdeteksi.

Overall, Ubuntu-nya berjalan dengan lancar, bisa pake buat wifi juga. Setelah dipikir-pikir, ternyata tampilan Ubuntu yang yang masih “perawan” ini rada nggilani , ehm, wananya coklat dengan font yang kayak kartun. Setelah tanya sama mbah google, akhirnya saya menemukan situs kustomisasi tampilan linux yang keren punya: http://www.gnome-look.org. Disitu saya mencoba theme-theme yang ada, yup, sekarang tampilan Ubuntu saya sudah rada mendingan. terus ketemu lagi yang namanya Compiz Fusion, wah, gile bener, sekarang tampilan Ubuntu saya jauh lebih keren dari Vista, sip..sip..sip…

Ternyata dunia Linux itu cukup unik juga, beda banget sama Windows, kalau d Windows,mau install aplikasi tinggal mencet file *.exe saja, di linux ternyata lebih ribet. Ya, harus install lewat repositori, untung sih, di ITS banyak repositori yang tersedia,tapi kok saya gak bisa settingnya ya? Jadi sampai sekarang masih pake repositori dari server di Australia.(-_-‘). Cara selain repositori adalah install source codenya, namanya tarball, setelah bingung sana-sini ternyata paket tarball itu kudu di compile pake library g++ (adoh..bodonya saya, source code kan emang harus di kompile…)

Salah satu kelebihan linux lainnya itu dalah Terminal, yup, mirip-mirip seperti Command Prompt-nya Windows, tapi yang saya rasakan Terminal di Linux itu lebih powerfull, sangar abis mulai install aplikasi sampai shutdown bisa dilakukan di linux.

Setelah install program ini itu, Ota-atik ini itu, saya mencapa suatu kesimpulan: ternyata banyak sekali aplikasi yang masih di dalam tahap pengembangan, masih banyak bug!, sringkali tampilan Compiz tiba-tiba rusak gak jelas, de el el…

Terus mau nyoba install IDE buat pemrograman…cari IDE buat pemrograman C/C++, hadoh, ternyata gak ada yang memuaskan saya, kalaupun ada yang bagus itupun berbayar, waah..linux kok berbayar…Disini say a mendapat satu kesimpulan lagi: Ternyata dukungan program di Linux masih gak sebagus Window

Terlepas dari ribetnya memakai linux, emang sih,banyak sekali manfaat lainnya, misal: bebas virus…iyalah…para hacker lebih tertarik ngerusak Windows ha ha ha..apalagi sebagian besar server pakai Linux..iya nggak?

Kalau dilihat kedepannya, yang bisa saya katakan adalah: LINUX ADALAH SISTEM OPERASI MASA DEPAN. Kenapa? Karena pengembangan di dunia linux sangatlah cepat sekali,dalam beberapa tahun ini, linux mulai menunjukkan taringnya, lewat Ubuntu, Suse, dll. Kalau dibandingkan dengan pengembangan sistem operasi semacam Windows…

Semoga dunia open souce makin jaya!Amin!

Leave a Reply

