Windows VS Linux

Posted: July 29, 2008 in Open Source, Open Source Reference
Tags: ,

Apa yang terbesit di pikiran kita pertama kali saat mendengar kata Microsoft? Tentu Sistem Operasi mereka yang Populer, Windows. Windows telah sekian tahun merajai pasaran komputer di dunia. 80% komputer di dunia ini memakai Sistem Operasi ini. Sukses? tentu saja sukses. tapi apakah terbesit di pikiran kita kalau hal ini sudah menjadi semacam monopoli?

Monopoli akan kebebasan kita untuk memilih, Semacam tidak ada pilihan lain selain Windows? Oleh karena itu timbullah pembajakan. Dulu, saya sempat jalan-jalan ke THR, di toko CD saya melihat ditempeli stiker yang bunyinya “Pastikan windows anda Asli”(kalau tidak salah sih), dan di toko itu saya lihat menjual CD Windows asli, waktu saya tanyakan, “Mas, ada CD Windows?” dia langsung membuka raknya dan menyodorkan CD Windows bajakan yang dijualnya seharga 25 ribu. Wow, sampai segitu parahnya pembajakan.

Microsoft pun melancarkan aksinya seperti mengratiskan software-nya untuk kalangan pemerintahan. Wah, namanya aja rakyat, kalau pemimpinnya pake barang A ya biasanya rakyat juga ikut pakai barang A. Polisi pun mulai mengadakan razia software bajakan, perusahaan yang ketahuan memakai Windows bajakan pun langsung “disikat” dan disuruh membayar denda yang besar.

Nah, kalau bangsa ini ingin lepas dari namanya pembajakan? Haruskah kita membeli software yang legal? Iya kalau punya uang, kalau tidak? saya rasa itu solusi yang tidak mudah. Nah, kalau pakai software yang gratis? Kenapa tidak? itulah yang harus dilakukan Indonesia, kita pakai Linux!

Banyak yang mengatakan kalau memakai Linux itu susah dan membingungkan. Pernah saya chatting dengan salah seorang teman, saya bilang kalau saya lagi memakai Linux, dia bilang, “Wah,gak sulit tuh?” Ya tentu saja, sesuatu yang baru kalau tidak dipelajari, tidak digeluti, awalnya pasti susah, disinilah gunanya belajar, belajar sesuatu yang baru, mungkin saja setelah belajar kita menemukan suatu kemudahan, ya gak?

Disini saya melihat Linux sebagai suatu prospek, memang saya akui Linux masih belum sehebat windows, namun apakah linux tidak layak? tentu saja layak, walaupun belum sehebat Windows, tapi Linux sudah semakin mendekati kehebatan Windows, dan tentu saja Free! Saya yakin Linux adalah sistem operasi masa depan, dengan pegembangannya yang super cepat, saya melihat dalam bebeapa tahun mendatang Linux akan menggeser dominasi Windows, yang menjadikannya “sistem operasi rakyat”, bebas.

Leave a Reply

