Tips Mencegah Laptop Overheat

Posted: July 30, 2008 in Computer
Tags:

-Bersihkan sistem ventilasi pada laptop dengan kompresor.

-Selalu letakkan laptop di permukaan yang keras. Hindari meletakkan laptop di selimut, kain wool atau permukaan lembut lainnya yang dapat menghalangi angin dan pertukaran udara. Kalaupun terpaksa diletakkan di permukaan lembut, usahakan diberi alas dari buku yang tebal.

-Matikan laptop sebelum memasukkannya ke dalam kotak/tas. Jika Anda tidak ingin mematikannya, atur laptop dalam kondisi hibernate. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya proses peningkatan panas. Jangan sekali-kali meletakkan laptop yang sedang beroperasi di tempat yang sempit, ini bisa meningkatkan panas.

-Instal software monitoring, seperti SpeedFan, yang memungkinkan Anda untuk mengawasi dan memantau suhu prosesor, hard drive dan komponen lainnya.

-Atur setting power untuk mencegah panas berlebih pada komponen seperti layar dan hard drive. Turunkan power secepatnya jika memang tidak dibutuhkan. Jika anda memakai Windows Vista, anda dapat mengatur performa dari notebook anda sesuai dengan kebutuhan, ingat, performa yang maksimal dari notebook anda akan menghasilkan panas yang lebih besar.

-Usahakan untuk salalu memonitor notebook anda ketika menjalankan aplikasi yang berat, seperti game 3D,biasanya ketika CPU melakukan kerja yang berat, suhu notebook akan meningkat drastis, jika terlalu panas, sebaiknya anda jangan menjalankan aolikasi berat tadi untuk waktu yang lama.

-Anda juga bisa menggunakan pendingin laptop yang dapat mencegah panas berlebih. Usahakan sebelum membeli pendingin laptop diperiksa dahulu apakah angin yang dihasilkan cukup kencang, seringkali didapati pendingin laptop yang dijual tidak menghasilkan angin yang cukup untuk mendinginkan suhu notebook secara signifikan.

-Jika laptop Anda berpotensi mengalami overheat dan masih dalam masa garansi, jangan ragu untuk melaporkan keluhan Anda tersebut.

-Jika Anda berencana membeli laptop baru, jangan gegabah! Telitilah dulu dengan seksama. Cari informasi tentang laptop model dan merek apa yang sering overheat, sehingga Anda tidak menyesal di kemudian hari.

(Credit for McP and Detikinet)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s