INHERENT, Koneksi “Jalan Tol” antar Perguruan Tinggi

Posted: July 31, 2008 in Internet
Tags:

Apa sih INHERENT itu? INHERENT adalah kepanjangan dari Indonesian Higher Education Network yang diluncurkan pada 8 Agustus 2006, Jaringan INHERENT menghubungkan perguruan-perguruan tinggi di Indonesia secara virtual. Dengan menggunakan backbone jaringan fiber optik STM-1 berkapasitas 155.52 Mbps, jaringan ini menghubungkan node-node utama di pulau Jawa, yaitu Dikti, UI, ITB, Undip, UGM, ITS, dan Unibraw.

Dengan adanya INHERENT ini diharapkan bisa digunakan untuk mengadakan kuliah jarak jauh (distant learning) selain untuk teleconference antar universitas. Selain menghemat waktu, INHERENT juga menghemat biaya yang dibutuhkan untuk berkomunikasi satu sama lain, demikian papar Direktur Jenderal Dinas Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Satryo Soemantri.

INHERENT sangat berdampak positif bagi perkembangan dunia Open Source di negeri tercinta kita ini, dengan adanya INHERENT, distribusi repositori sangatlah mudah, berbeda sekali jika kita akan meng-update Linux kita ke server luar negeri tentunya memiliki koneksi yang terbatas sekali. Sekarang, banyak sekali Perguruan Tinggi yang memberikan pelayanan repositori lokal.

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mengunduh software Eclipse di situs kambing UI, waktu itu koneksi saya ke internet lambat karena sinyal wifi yang lemah, namun karena ITS masih satu jaringan dengan UI, speed yang saya dapatkan cukup besar, yakni 40-60 Kbps. Wow, enaknya ada INHERENT!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s