Bioinformatika

Posted: November 21, 2009 in Computer
Tags:

Bioinformatika adalah ilmu yang mempelajari penerapan teknik  komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematika, statistika, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya. Contoh topik utama bidang ini meliputi basis data untuk mengelola informasi biologis, penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen.

Saat ini, perkembangan ilmu biologi sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu bioinformatika. Tidaklah dapat dimungkiri kalau bioinformatika telah mempercepat kemajuan ilmu biologi. Lebih jauh lagi, kalau dilihat dari bidang yang lebih spesifik, kemajuan suatu bidang sangat dipengaruhi oleh kemajuan bioinformatika. Semakin maju bioinformatika di suatu bidang (ditandai dengan banyaknya software yang tersedia), semakin maju pulalah bidang tersebut.

Cara penelitian biologi :

1. In Vivo

Penelitian jenis ini dilakukan di dalam tubuh makhluk hidup. Kelemahan dari penelitian ini ialah jangka waktu penelitiannya lama dan jika penelitian harus diulang karena suatu kesalahan, maka akan memakan waktu dan tenaga lebih banyak lagi.

2. In Vitro

Penelitian jenis ini dilakukan di dalam lab, terutama menggunakan alat-alat penelitian. Kelemahannya yaitu harga peralatan yang mahal dan jika proses penelitian harus diulang karena suatu kesalahan, maka membuhuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit

3. In Silico

Penelitian jenis ini dilakukan di dalam komputer melalui pabtuan perangkat lunak. Memang pada penelitian jenis ini tidak dilakukan dengan sesungguhnya. Namun Hasil penelitian In Silico dapat digunakan sebagai patokan / rekomendasi untuk penelitian yang sesungguhnya (In Vivo atau In SIlico) sehingga kesalahan bisa dprediksi dan meningkatkan kemungkinan hasil penelitian yang baik.

Apikasi bidang Bio Informatika :

1. Drug Design

Contohnya dalam pembuatan AZT Anti Viral yang merupakan protein yang menghambat kerja virus HIV

2. Genetic Engineering

Digunakan dalam rekayasa genetika seperti membuatan bibit unggul pada tanaman atau ternak

3. Genome Wide Association

Yang digunakan untuk penyakit

Ilmu-ilmu yang berhubungan dengan Bio Informatika

1. Pattern Recognition

Merupakan bidang dalam pembelajaran mesin dan dapat diartikan sebagai “tindakan mengambil data mentah dan dilakukan berdasarkan klasifikasi data

2. Data Mining

Tugas utama data mining adalah: Klastering, klasifikasi, prediksi, analisis pola berurutan dan asosiasi.

3. Machine Learning

Suatu mesin yang berintelegensia sendiri harus mampu belajar meningkatkan pengetahuannya, dalam arti menemukan sendiri metode-metode mana yang tepat untuk digunakan menyelesaikan suatu persoalan.

4. Image Processing

Pengolahan citra merupakan proses pengolahan dan analisis citra yang banyak melibatkan persepsi visual. Proses ini mempunyai ciri data masukan dan informasi keluaran yang berbentuk citra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s