Kemampuan Komunikasi bagi Lulusan IT

Posted: November 21, 2009 in Programmer's Life
Tags: , ,

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut

Selain itu dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi yang baik sangat penting untuk berinteraksi antar personal maupun antar masyarakat agar terjadi keserasian dan mencegah konflik di lingkungan masyarakat. Sebaliknya, apabila terjadi kesalahan dalam salah satu proses komunikasi akan menyebabkan tidak tercapainya tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itulah komunikasi menjadi sangat penting bagi kehidupan kita.

Pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Memang, kemampuan sosialisasi ini identik dengan kemampuan anda berkomunikasi dengan lingkungan. Tapi tentu saja bukan asal komunikasi. Kalau sosialisasi anda wujudkan dengan bergosip ria dan menggangu rteman yang lain, bukan simpati yang didapatkan, kita justru akan dimusuhi oleh orang-orang disekitar kita.

Apalagi di masa seperti sekarang ini, di mana teknologi informasi sudah berkembang secara pesatnya. Metode, fasilitas, dan perangkat dalam berkomunikasi pun sudah berkembang maju sedemikian modernnya, sehingga sekarang dunia seakan-akan tidak ada batasnya lagi. Manusia dapat berhubungan satu-sama lain dengan begitu mudah dan cepatnya.

Oleh karena itu, setelah kita memahami tujuan dari komunikasi efektif, yaitu untuk menyampaikan ide dengan sebaik-baiknya, maka kita tidak bisa lagi memandang remeh masalah komunikasi dalam kehidupan/aktivitas kita sehari-hari. Sebab, se-brilian apapun ide/gagasan yang kita miliki, tetap saja ia tidak akan bermakna apa-apa apabila kita, selaku pemilik ide, tidak dapat menyampaikannya dengan baik kepada objek yang kita tuju (dalam hal ini manusia).

Kemampuan komunikasi bagi lulusan perguruan tinggi sangatlah penting, tidak terkecuali bagi lulusan yang berlatar belakang Teknologi Informasi. Jean C. Meister dalam bukunya Corporate University (1998) mengemukakan mengemukakan  bahwa  untuk  memenangkan persaingan, universitas harus menjadi market-driven model university. Dengan kata  lain, lulusan universitas tersebut harus dapat memenuhi kebutuhan pasar. Tujuh kompetensi yang dikemukakan oleh Meister, yaitu:

  1. Kemampuan untuk belajar cara-cara belajar yang efektif
  2. 2. Keterampilan komunikasi dan berkolaborasi
  3. Kemampuan berpikir kreatif dan memecahkan masalah,
  4. Kemampuan  teknologi  (informasi)
  5. Kemampuan memahami  lingkungan  bisnis  global
  6. Kepemimpinan
  7. Mengelola diri dan merencanakan karir pribadi.

Sebenarnya Indonesia mempunyai banyak orang pintar dan tenaga ahli dibidang Teknologi Informasi. Tapi ada satu kelemahan orang Indonesia yakni dalam berkomunikasi.  Kepandaian orang Indonesia sebenarnya tidak kalah dengan orang asing. Tapi jika diminta menyampaikan ide secara kronologis, baik itu oral dan tulis banyak lulusan TI di negeri kita tidak bisa melakukannya. Padahal, Nuntuk sukses di dunia kerja hanya dibutuhkan 20 persen kepandaian.  Selebihnya yang diperlukan adalah networking. Dan itu mencakup kemampuan komunikasi yang baik.

Mengutip hasil survey yang dilakukan oleh majalah SWA, ditemukan kekurangan mahasiswa lulusan perguruan tinggi saat ini yang terlalu berorientasi pada teori. hal tersebut tercatat sebagai kekurangan lulusan perguruan tinggi yang paling banyak mendapatkan suara yaitu sebanyak 16,88 persen, diikuti kurangnya para mahasiswa ini memiliki pengalaman berorganisasi (11,69 persen), kurang bisa beradaptasi (11.69 persen) serta kemampuan berkomunikasi yang kurang baik (11,69 persen)

Apapun profesi dan bidang kerja yang kita geluti, termasuk dalam bidang TI, kemampuan sosialisasi mutlak diperlukan. Sekalipun pekerjaan kita tidak mengharuskan bertemu dengan banyak orang seperti bagian kehumasan atau marketing, kita juga dituntut untuk mampu bersosialisasi. Karena sekecil apapun lingkungan kerja, kita tetap perlu berinteraksi dengan orang-orang di sekeliling linkungan kerja kita.

Sebagai contoh kasus dalam dunia kerja, pihak customer sedang melakukan diskusi dengan developer software, disini kemampuan komunikasi dari developer sangatlah penting, dengan kemampuan komunikasi yang baik dari developer, ia akan dapat menyampaikan ide-ide yang dia miliki kepada customer dalam pengembangan proyek perangkat lunak. Bayangkan saja jika si developer tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka proyek perangkat lunak bisa-bisa terhambat pengerjaannya atau bahkan gagal. Hal ini tentunya diakibatkan karena komunikasi merupakan jembatan yang penting antara bahasa teknis dari developer yang tentunya seringkali tidak dimengerti oleh customer. Seringkali ditemui kasus bahwa suatu perangkat lunak tidak dapat memenuhi requirement yang dibutuhkan dikarenakan kesalahpahaman pada saat melakukan menyusun requirement specification antara customer dan developer.

Salah satu komponen penting dalam membangun sebuah teamwork yang baik adalah adanya komunikasi yang efektif dalam tim tersebut. Komunikasi dapat memperkuat ataupun memperlemah bahkan menghancurkan sebuah tim. Good communication can build up a team, bad one can break it. Komunikasi yang baik dapat membangun kekuatan sebuah tim, sedangkan komunikasi yang buruk dapat menghancurkannya.

Misalkan kita bekerja pada suatu tim yang sedang mengembangkan infrastuktur IT di suatu perusahaan, proyek yang dikerjakan tim tersebut akan mengalami kendala jika salah satu anggota tim tidak dapat mengkomunikasikan hal-hal yang ia kerjakan, proyek tersebut tentunya akan mengalami kendala, karena pekerjaan anggota tim yang satu tentunya akan saling berhubungan dengan anggota tim yang lain. Komunikasi juga sangat pentinmg ketika sedang melakukan rapat ataupun diskusi mengenai pengerjaan proyek infrastruktur tim tersebut, dengan komunikasi, kendala-kendala yang dihadapi tentunya akan dapat dipikirkan secara bersama.

Ketika bekerja dalam sebuah tim, kerjasama sangatlah penting. Untuk dapat membangun kerjasama dalam sebuah tim, diperlukan komunikasi antaranggotanya agar tujuan bersama dapat tercapai. Pernahakan kita membayangkan apa yang terjadi dalam suatu tim apabilla setiap anggota tim tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan anggota tim lainnya? Seberapa pun hebatnya kemampuan individu dalam suatu tim, mereka tidak akan ada gunanya apabila tidak dapat berkomunikasi antara yang satu dengan lainnya. Mereka hanya akan menjadi sebuah kelompok yang tidak tahu ke mana arah yang akan dituju. Keahlian mereka akan menjadi sia-sia apabila mereka tidak dapat mengkomunikasikannya dengan orang lain. Seperti yang telah dikatakan oleh William Shakespeare ”No man is lord of anything, though in and of him there be much consisting, till he communicate his part to other.”

Jumlah tenaga kerja yang pintar dalam suatu perusahaan banyak. Apalagi perusahaan yang memiliki sistem rekruitmen yang baik tentu karyawan yang lolos dari saringan sudah terpilih. Kemampuan teknikal dan profesional seseorang dalam dunia kerja mungkin sama tetapi beda kemampuan komunikasi bisa membuat perbedaan dalam “nasib”.

Kemampuan berkomunikasi disini bisa berupa kemampuan menyampaikan ide/pendapat ataupun menerima masukan. Apa yang ada di benak/pikiran seseorang memerlukan media untuk disampaikan. Kita sering kali merasa bahwa kita mampu melaksanakan ide atau sependapat dengan seseorang, bahkan kita sudah memilikinya terlebih dahulu tetapi kita “belum” menyampaikannya karena kita masih “simpan”.

Melontarkan pendapat secara terstruktur dan sistematis dapat dicapai jika kita terus mengasah dalam kehidupan sehari-hari. Sifat malu-malu dan sungkan harus kita hilangkan dalam dunia kerja. Jika kita memiliki pendapat jangan sungkan untuk mengemukaannya. Jangan takut ditolak atau dilecehkan, sampaikan saja karena suatu perubahan besar bisa jadi berasal dari ide yang gila yang sebagian orang menganggapnya tidak mungkin. Jika pada tahap sekarang kita belum terbiasa mulailah untuk secara bertahap. Jika dilakukan secara terus menerus kita akan terbiasa dan pada akhirnya kita akan memiliki kemampuan ini.

Komunikasi tidak hanya pada posisi aktif. Suatu ketika kita juga dituntut untuk mendengarkan orang lain. Kebalikan dari menlontarkan ide/pendapat dalam menerima pendapat orang lain kita tidak boleh merendahkan/meremehakan apapun itu. Karena bisa jadi pendapat tersebut adalah yang sesuai dengan kebutuhan kita meskipun terkadang sepertinya sangat sederhana.

Sebagai kesimpulannya, keterampilan komunikasi yang baik sangat penting bagi keberhasilan setiap lulusan TI karena dapat meningkatkan  kesuksesan di tempat kerja dan juga dalam kehidupan pribadi. Keterampilan komunikasi harus dianggap sebagai kemampuan profesional yang dapat digunakan untuk belajar dan salah satu dari keuntungan selain ilmu teknis yang kita kuasai.

Dari berbagai sumber


Comments
  1. fadlikadn says:

    memang benar kemampuan komunikasi mutlak diperlukan.. nice post mas.. be inspired.. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s