My Brand New Xbox 360

Posted: February 13, 2010 in Game
Tags:

Hoosh…akhirnya kesampaian juga saya membeli Xbox 360. Yang saya beli Xbox 360 versi Elite, Paket yang satu ini saya beli karena paketnya cukup lengkap, headset, kabel LAN, dan juga HD 120 GB. Tapi alasan utama saya membeli versi Elite karena warnanya hitam…eh? Saya memang orangnya suka koleksi warna hitam sih :P

Kebetulan saya lagi menggandrungi XNA Game Studio (yah, saya memang habis diracuni rekan-rekan senior saya di Lab). Muncul pikiran kalau mengembangkan game XNA rasanya kurang sreg kalau tidak di deploy ke Xbox 360 (Analoginya orang Islam kalau belum naik haji rasanya ada yang kurang).

Beberapa waktu yang lalu teman saya, mencoba deploy game XNA, namun dia gagal pas mau download XNA Game Studio Connect, gak tahu kenapa. Setelah diusut, Xbox 360 milik teman saya sudah di-flash (ini istilah mesin Xbox yang udah di modifikasi biar bisa maen game bajakan yang harga per DVD-nya cuman 30 ribu). Nah, ternyata syarat untuk deploy game XNA mesin Xbox yang kita miliki masih harus Original alias belum di apa-apain :P Tampaknya Microsoft memiliki sistem proteksi agar mesin2 semacam ini tidak bisa leluasa di Xbox LIVE :P

Btw, kenapa postingan ini saya tulis dalam bahasa Indonesia? Hmm sebenarnya ada maksudnya, disini saya mau sharing pengalaman hunting saya mencari mesin Xbox 360 Original yang terkenal langka di Indonesia. Nah, berhubung postingan ini hanya bermanfaat untuk orang Indonesia…jadi pakai bahasa Indonesia aja(kalau luar negeri sih artikel kayak gini kurang berguna).

Begini cerita hunting saya :

Awalnya, saya hunting ke Tunjugan Electronic Center (TEC) Surabaya (Eh, saya bukan orang Surabaya, cuman kuliah di Surabaya). Disitu saya menemukan banyak toko (lebih mirip toko eceran), penjualnya kadang sok sibuk dan gak begitu ramah sama customer (Eh pas ditanyain malah cuek sibuk SMS -__-a). Di TEC, harga Xbox 360 Elite berkisar antara 4,4 juta sampai 4,2 juta. Singkat cerita, saya tidak menemukan mesin Xbox yang masih original…mission failed

Lalu saya hunting ke Galaxy Mall (GM) dekat kampus saya, disitu dijual Xbox 360 seharga 4,4 juta. Tapi, si penjual ngakunya ini barang masih original dan belum di flash. Tapi waktu dilihat barangnya, Kotak kardusnya udah dibuka, trus ditanyain kenapa kardusnya udah dibuka, dia sih bilangnya semua mesin yang dateng di tokonya harus di tes dulu (saya malah jadi ragu2 ini barang udah di flash apa enggak)…mission failed

Nah, usaha ketiga saya dapet info dari teman saya ada toko di Royal Plasa yang jual barang2 langka, langsung saja saya beserta teman saya mencoba untuk tanya ke tokonya, si penjual bilang dia bisa nyediain, tapi kudu liat stok dulu. Apalagi dia bilang klo barangnya masih belum di flash harganya 3,6 juta (bandingin sama yang tadi selisihnya berapa…hemmm..kabar baik nih).  Hahaha…akhirnya dari toko tersebut akhirnya saya bisa dapet Xbox 360 Original no flash, walaupun harus nunggu waktu delivery yang makan waktu setengah bulan :) …mission accomplished !!!

Dari pengalaman saya, saya mendapat sedikit pengalaman bagaimana caranya untuk membedakan Xbox 360 yang belum di flash sama yang belum :

1. XBox 360 yang belum di flash, harganya jauh lebih miring, sekitar +/- 3,6 juta, kalau yang sudah di flash, harnya-nya sekitar 4,1 – 4,4 juta. Lah, kenapa bisa begitu? Ternyata untuk flashing mesin Xbox, si penjual harus menambah biaya sebesar 400-500 ribu buat biaya flashing tersebut. Dari sumber yang saya dapet, prosedur flashing di Xbox 360 cukup rumit, apalagi mesin Jasper yang masih baru, jadi gak heran kalau biaya flash cukup mahal.

2. Xbox 360 yang masih original, kardus kemasannya belum pernah dibuka, masih plesteran

3. Mendingan cari di toko yang bener2 terpercaya, biasanya toko yang sistemnya melayani jual beli online, toko semacam ini biasaya punya rekanan stok barang yang fresh impor dari kapal…

4. Cara membedakan yang paling ampuh sekaligus paling dodol ialah setelah kamu beli mesinnya, coba dikonekin ke Xbox LIVE, klo mesinnya di blokir sama Xbox, wassalam, mesin yang kamu beli itu udah di flash -__-a

Oke, sampai disini dulu potingan saya, next…cara konek mesin Xbox 360 ke Xbox LIVE lewat modem USB :D

Comments
  1. […] 2. Siapkan mesin Xbox 360 yang udah konek ke Xbox LIVE…ingat..mesinnya harus masih original (belum di flash), untuk lebih jelasnya baca disini […]

  2. edi says:

    belinya di royal sbelah mana? coz saya mo beli juga.trims

    • azer89 says:

      di gamequarters…depannya cineplex 21

      • dimas says:

        gan mau tanya kalau seumpamanya Xbox yang kita beli itu di flash apa g bisa dibuat maen gan, soalnya saya mau beli xbox gan , mohon informasinya harga xbox 360 di surabaya berapa ya gan ?

      • azer89 says:

        kalau di flash == buat main bajakan
        klaua soal harga saya kurang tahu, soalnya belinya udah beberapa tahun yang lalu
        tapi kalau berdasarkan harga di Amazon, antara $199 – $349 tergantung ukuran hardrive

  3. dimas says:

    terus itu bisa di kredit g gan xboxnya gan,hehehe?

  4. enny says:

    nama tokonya yg di royal apa yha… lantai brp? thx

  5. Harvey says:

    Gan, numpang nanya. Gw kan dulunya maen xbox di aussie, Gold member, banyak beli app sama game dri LIVE, gamerscore udah ribuan lebih. trus gw balik Indo, xbox dijual tapi hardisk tetap ikut soalnya banyak DLCnya.

    Di Surabaya gw beli xbox tapi buta2an gw gak tau klo itu udah diflash. pas baca postingannya juragan gw langsung ngerti deh. Gw lg nabung lagi bwt cari xbox yang ORI. tapi sebelum itu gw mau nanya juga nih gan.

    Game2 gw kan region XBOX Live Australia, sama yang console yang di flash masih bisa main, tapi apa harus region aussie juga kalau mau pake ORI?

    Apa bisa gw koneksi LIVE via internet di Indo? yang ASLI Leletnya minta ampun!

    Terus, Gw sih mau download save2an gw di LIVE, terus gw mau bikin multi console, biar g bisa maen bajakan atau ori kalo mau online dengan cara pindah2 profile via USB, kalo profile gw dari console bajakan trus g pindah ke ori yang kekonek ke LIVE bisa ketahuan gak?

    Sebelumnya Terima Kasih,

    Salam Gamers

    PS: Minta ID xboxnya gan, gw hawede2312, di add yah?

Leave a Reply

